SENDANG KUNA ARGOSOMO




" Patirtaan Kuna Argosomo Lereng Gunung Ungaran "


" Sendang Kuna Argosomo "
.
Merupakan bangunan patirtaan kuna,
Yang berada di :

Desa Nglimut
Kec. Gonoharjo
Kab. Kendal

Tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran Bagian Arah mata angin yang membujur ke Timur laut.
Babgunan tersebut menggunakan bahan baku batuan alam.
Namun jika dilihat, Bahan bangunan material batu tersebut Kelihatan berwarna cokelat agak kehitam hitaman. Karena keberadaannya di dataran tinggi  lereng Gunung Ungaran, Hawa dingin yang selalu menimbulkan kelembaban yang berkelanjutan, sehingga material tersebut berubah warna menjadi hitam agak kecokelat.

" Sendang Kuna Argosomo "

Di duga patirtaan kuna ini terkena longsoran dinding tebing yang berada di belakangnya, Karena banyak Terlihat bongkahan bebatuan alam yg berserakan di atas bangunan tersebut.

" Sendang Kuna Argosomo "

Selain Itu juga, di depan patirtaan argosomo, jika di tarik garis lurus, dengan jarak 10 meteran.


Part 1


Part 2

Part 3


Juga terdapat struktur batuan kuno yang masih kelihatan tertata berjajar membentuk bangunan kotak persegi panjang. Di duga kemungkinan sebuah bangunan kolam kuna, jika di gambarkan strutur bangunan tersebut, ada kemungkinan kemiripan dengan bangunan Candi Umbul Kab. Magelang, Dan kolam Kuna Air hangat di Candi Ngempon Kab. Semarang.

Hingga sekarang masih dalam keadaan tertimbun material tanah bekas longsoran dinding tebing. Mungkin ada pertanyaan .. !!! untuk penjelasan tentang struktur kolam teraebut.

( Kok Bisa tau kalau daerah itu merupakan kolam Kuno atau ada struktur kolam kunanya ).

Saya jawab, " Iya " Dan itu sangat kelihatan sekali, Karena tidak keseluruhan material tanah bekas longsor, Menimbun bangunan tersebut. Masih kelihatan strukturnya dengan membentuk siku dengan bentuk persegi panjang, Makanya saya mengatakan hampir mirip dengan bangunan kolam Kuna candi ngempom dan candi umbul magelang.

" Sendang Kuna Argosomo "


 dan Kolam Kuna air panas derekan semarang atau candi ngempon.


Look is this My You Tube

                   

Sumber yang sama, Kita juga dapati dari rekan saya di blogger bawah ini .. !!!

https://sasadaramk.blogspot.com/2019/05/ke-gonoharjo-jangan-lupa-berkunjung-ke.html

Jika letak ketinggian candi argosomo 800 Mdpl di atas permukaan laut. Maka, Patirtaan tersebut berada di ketinggian 806 mdpl dari permukaan air laut.

Bangunan Patirtaan tersebut, Memiliki Ukuran panjang lajur dinding mencapai 8 meter.
Ketinggian dinding patirtaan dari dasar permukaan tanah 80 cm.
Ketebalan Material Batuan Balok 30 cm, dan tanpa menggunakan batuan lantai di dasarnya.

" Sendang Kuna Argosomo "

Jika di lihat dari bentuk bangunan, Kemungkinan Sendang Kuna ini adalah salah satu sendang dengan struktur bangunan yang di buat untuk penampungan air dengan volume banyak. Dengan sistim pembuangan air ( Yang menjadi Pancuran ) yang menggunakan panel Jaladwara.

( Mungkin loh yaa .. !!! Ini hanya pendapat Saja, Hanya melihat kondisi bangunan yang sekarang, Dengan dukungan mata air yang keluar dari perut Bumi, Terletak lebih tinggi di banding dengan bangunan Sendangnya ).

" Sendang Kuna Argosomo "

Patirtaan ini berada tepat di depan Reruntuhan bangunan Candi Argosomo. Di perkirakan berjarak sekitar 30 Meteran dengan ketinghian 806 Mdpl di atas permukaan air laut.


 Sebagai mana setiap bangunan Candi Selalu berdekatan dan saling berkaitan erat dengan sumber mata air.

( Tapi tidak semuanya bangunan Candi Selalu dekat dengan mata air patirtaan atau sendang Kuna ).

Jika dalam mitologi hindu kuna, Mata Air merupakan tempat di mana berkumpulnya para dewa dewa dalam bermain. Karena telah di yakini bahwa, mata air merupakan sumber kehidupan semua makhluk di bumi. Sehingga sering di katakan dalam mitologi hindu kunanya, Para dewa turun dari kahyangan untuk menjaga simbol kehidupan yaitu mata air.

Berdiriya bangunan Candi di dekat mata air, merupakan persyaratan utama dan salah satu pilihan tempat untuk memenuhi persyaratan persyaratannya. Di lihat kontur tanahnya, Antara subur dan tidaknya. Yang pasti selalu dekat dengan adanya sumber mata air. Setelah persyaratan untuk pembangunan candi itu cukup memenuhinya, baru akan di laksanakan pembangunan candinya atau tempat pemujaanya. Kemudian menyusul pembangunan mata air yang berwujud patirtaan atau sendang kuna.

Dengan  kata Kemungkinan,  bangunan patirtaan atau sendang Kuna tersebut di bangun dan di gunakan untuk mesucikan diri atau membersihkan badan, sebelum dilanjut melakukan pemujaan dewa di dalam bangunan Candi.

Tata letak di antara kedua bangunan tersebut sangat berdekatan, mungkin saja memang ke dua bangunan tersebut saling berkaitan dan memiliki peranan penting di antaranya. Hanya Berjarak kurang lebihnya 30 meteran, Kedua Bangunan tersebut saling berdampingan.

Jika Melihat dari kondisi bangunan, Patirtaan kuna ini jelas jelas terkena longsoran tanah, Yang membentuk dinding tebing yg berada di belakangnya, Terlihat bongkahan batu batuan alam yg berserakan di atas bangunan sendang kuna / Patirtaan.

Selain Itu juga, di depan patirtaan argosomo, dgn jarak 10 meteran terdapat struktur batuan kuno. Yang sekarang dalam keadaan tertimbun material tanah bekas longsoran dinding tebing bagian belakang Sendang. Mungkin ada pertanyaan .. !!! 
( Kok Bisa tau kalau daerah itu merupakan kolam Kuno atau ada struktur kolam kunanya ).

Saya jawab, " Iya " Dan itu sangat kwlihatan banget, Karena tidak keseluruhan material tanah bekas longsor, Menimbun bangunan tersebut. Masih kelihatan atrukturnya dengan membentuk siku dengan bentuk peraegi panjang, Makanya saya mengatakan hampir mirip dengan bangunan kolam Kuna candi ngempom dan candi umbul magelang.

" Sendang Kuna Argosomo "

" Sendang Kuna Argosomo "

Sisa material panel bangunan yang masih terlihat dengan jelas, Jika saya mengatakan atau berpendapat, struktur panel tersebut merupakan bagian bilik untuk menaruh salah satu arca pada dinding bangunan. Yaitu, Panel batu yang berbentuk lengkungan di atas.

" Sendang Kuna Argosomo "

Jika batu yang bersamaya dalam bentuk berpelipit, Mungkin kalau saya menyebutnya, Seperti sabuk atau bingkai yang terletak pada panel panel tembok bagian atas sebelum punggung pagar.


" Sendang Kuna Argosomo "


" Sendang Kuna Argosomo "

Jika melihat dan merasakan mata air yang keluar dari dalam perut bumi tersebut keluar, kesannya memberi kesejukan tersendiri. Jika menurut cerita rakyat, Gunung Ungaran merupakan, Sebuah batur Pegunungan yang menyimpan Jutaan Kubik Air yang sangat melimpah ruah, Jika Untuk mencukupi generasi ke generasi berikutnya sangat sangat turah turah dari kata Cukup. Oooh .. iya .. !!! Air di pegunungan Ungaran bisa langsung di minum tanpa harus di masak terlebih dahulu. Untuk memberi kesejukan dan kesegaran badan saat perjalanan Jauh.

Karena perjalanan kita berawal pada tujuan yg seharusnya tidak terduga atau kegiatan yang tidak terfikir sebelumnya. Hanya saja, Kita menggunakan aji mumpung. Mumpung dekat dan mumpung ada kesempatan untuk menjelajah situs cagar budaya di daerah tersebut. Tidak lain dan tidak luput, Kegiatan kita sebenarnya, Hanya padusan ( Istilah Jawa ) atau mandi memberaihkan badan dari hadas kecil dan besar, Karena kita akan menjalankan ibadah " puasa ramadhan / Atau menyambut bulan suci ramadhan ".

Awal pembuka cerita yang mengesankan dan akhir cerita pun sangat terkesan.


_Hobiku_Dolan_Alas_








Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU LUMPANG DAN UNFINIS YONI KENDALI SODO

SITUS CANDI DI MAKAM WALIULLOH KHASAN MUNADI

MAKAM WALIULLOH SYECH SUDJONO DAN KE DUA SAHABATNYA