CANDI UMBUL





" SITUS PATIRTAAN CANDI UMBUL "


    Setelah melakukan perjalanan explore bangunan bangunan Kuno di Kab. Magelang, Berawal dari : 


Candi Mendut
https://jelajahkarungrungan.blogspot.com/2018/05/candi-mendut.html?m=1

Baca Juga Candi Ngawen
https://jelajahkarungrungan.blogspot.com/2018/06/candi-ngawen.html?m=1

Candi Pawon
https://jelajahkarungrungan.blogspot.com/2018/06/candi-pawon.html?m=1

Candi Retno
https://jelajahkarungrungan.blogspot.com/2018/06/candi-retno.html?m=1


     Perjalanan explore bangunan kuna, Mengingatkan saya akan situs cagar budaya berbentuk kolam pemandian air panas di Kec. Grabag. Sebenarnya hanya ingin melihat sisa sisa bangunan kuna tersebut, Dan mencoba mengexplore bangunan tersebut. Berhubung durasi waktu lumayan agak panjang, Sesekalinya boleh kan, Saya memanjakan diri dengan berendam air panas di dalam kolam kuna tersebut. Sekalian melepaskan lelah dan penat karena perjalanan yang lumayan jauh untuk kegiatan pribadi saya.


Candi Umbul teletak di

Desa kartoharjo
Kec. Grabag
Kab. Magelang

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

     Situs kekunoan ini berada di sebelah atau berdampingan dengan aliran sungai Elo. Merupakan merupakan Situs Cagar Budaya Berbentuk kolam atau petirtaan Kuna, Dengan ragkaian bangunan berdinding batuan andesit sebagai bahan materialnya. Kolam Yang menampung sumber air hangat yang  keluar dari dalam perut bumi ini, berada di lokasi lahan produktif atau tanah persawahan. Kolan kuna tersebut memiliki ukuran Panjang sekitar 12 meteran, Lebar 5 meteran dan kedalaman sekitar 1,5 meter. Sehingga nyaman untuk di gunakan mandi atau berendam secara ramai ramai. Tenang saja, Jika kolam satu terlalu penuh dengan pengunjung, ada kolam satunya lagi yang mempunyai ukuran lumayan lebih besar yang bisa menampung banyak orang kalau hanya sekedar berendam saja.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

   Gapura besar yg saling berdampingan, Merupakan sarana pintu masuk ke patirtaan Candi Umbul. Kurang begitu faham juga, Kedua bangunan tersebut itu baru atau benda kekunoan juga. Soalnya, Pas saya masuk kelokasi kolam, Langsung terpana karena terpesona, Dan pandangan saya, tertuju dengan hiasan kala yang berada di pinggiran anak tangga yang menuju ke dalam patirtaan.


"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

      Pintu gerbang lokasi"Patirtaan Kuna Candi Umbul ", Jika saya pribadi menyebutnya. Dulu di lokasi ini, Kabarnya telah di ketemukan berbagai jenis arca, Yaitu :

1. Dua arca Durga
2. Dua Buah Arca Ganesha
3. Dan sebuah Arca Agastya.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

      Anak tangga yang menuju ke kolam patirtaan yang paling besar atau kolam pertama.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

    Hiasan Kala, pada bagian atasnya di gunakan sebagai Tumpuan makara. Makara adalah, salah satu panel bangunan Candi, yang seharusnya berada di samping kanan dan kiri anak tangga atau sebagai pipi anak tangga bangunan, yang menuju ke ruangan utama bangunan cadi.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

     Hiasan kala yang berada di pinggiran bibir patirtaan. Hiasan kala yang seharusnya berada pada bagian atas atau bagian ambang pintu Candi, Yang berpasangan dengan dorpall. Ada juga kala yang berada di bagian kulit luar Bangunan candi, atau dinding luar bangunan, Yang berada tepat di atas bilik luar, yang biasanya bilik tersebut bernaung arca arca yang saling menjaga arah mata angin.

    Jika di gambarkan dengan ungkapan, Bernaungnya Beberapa arca ada tiga buah. Itu pun tergantung bangunan candi menghadap ke arah mana .. !!! Jika bagunan Candi menghadap ke arah timur .. !!! Maka, Jika di urutkan, dari depan pintu bangunan candi, Dari kiri memutar ke kanan yaitu:
Ada arca Dewi Durga Mahisasuramardini, Yang berada si dalam bilik sinsing luar cansi si sebelah kiri atau menghadap arah mata angin selatan

Patirtaan Kuna Candi Umbul "

   Gambar di atas merupakan kolam yang ke dua, Dengan ukuran lebih kecil dari olam yang pertama. Dengan Ukuran panjang 10 meter dan lebar 5 meter, dengan kedalaman 1,5 meter, Sama dengan kedalaman kolam yang pertama

    Di lokasi "Patirtaan Kuna Candi Umbul ", Kolam tersebut, Terbagi menjadi dua bagian atau dua kolam dan saling menghubungkan, kolam satu ke kolam satunya lagi. Kolam yang paling besar, Memiliki panjang sekitar 10 meteran dan lebar sekitar 5 meteran
Untuk kedalaman kolam dengan kedalaman 1,5 Meteran.

     Untuk kolam yang ke dua, Panjang sekitar 8 meter dan lebar sekitar 5 meteran.
Untuk kedalaman sama dengan Kolam yg paling besar, Yaitu sekitar 1,5 Meteran.
Banyak sudah tinggalan tinggalan bangunan kuna yang telah di ciptakan para leluhur nusantara. Banyaknya sisa sisa bangunan material yang berbahan baku batu andesit. Masih berada di sekitar patirtaan Kuna Candi Umbul, Jenis jenis arca yang sudah rusak pada bagian kepala
Fragmen Yoni
Kemuncak
Dua buah watu kenong, Bagian material bangunan Patirtaan ( Mungkin ), Yang menyerupai alat musik jawa yaitu Bonang ( Sebutan Kenong )
Dan sisa sisa bantuan penyusun yang berada di pinggiran Kolam.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

    Material batu susun berpola, Sengaja di tata, Supaya tidak berserakan di berbagai tempat. Agar aman dari pengunjung, Yang kadang belum tau atau masih awam soal sisa bangunan Situs Cagar Budaya.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul

     Dereta Arca arca yand di duga fragmen arca kinara dan kinari. Kinara dan Kinari merupakan makhluk kahyangan yang mempunyai wujud seekor burung berkepala manusia atau antrophomorsis ( Sosok makhluk berbadan hewan tapi memiliki kepala berbentuk manusi ).

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

     Selain berjajar arca kinara dan kinari, Terdapat pula bongkahan Batu yag di bentuk hampir menyerupai Yoni, yang di atasnya terdapat perangkat kemuncak, Jika di lihat dari poatur bentuk tersebut, Hampir menyerupai yoni atau lapik arca. Masih belum bisa di pastikan, Karena jika melihat sekilas, Jika di sebut dengan yoni, Tidak nampak bagihan ceratnya, Dan jika patah, Pasti ada bekas patahannya. Ataukah lapik arca.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

   Kemuncak atau ratna ( Permata ), Panel ini di buat untuk penampilan pada sebuah bangunan, Mungkin Pada pagar dinding patirtaan atau pagar bumi yang mengelilingi bangunan patirtaan.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "


"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

    Kedua gambar di atas, hampir mirip dengan alat musik jawa, jika juru perawat situs menyebutnya dengan watu kenong ( Alat musik jawa di sebut Bonang ).

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "


"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

      Kedua poto di atas adalah deretan arca yang sudah menjadi fragmen atau rusak, Hanya menyisakan bagian kaki saja. Dan di sebutkan dengan makhluk kahyangan yang di sebut dengan Kinara dan Kinari.
Kinara adalah makhluk kahyangan berjenis kelamin jantan.
Dan kinari makhluk kahyangan berjenis kelamin Betina. Kinara dan Kinari adalah sosok makhluk kahyangan yang bertugas menjaga " Pohon Kalpataru ". Yaitu pohon kahyangan yang berbuah emas.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

  Tiga gambar di atas, Merupakan sisa sisa material batuan balok, Yang bagihan atas walaupun sedikit, memiliki hiasan bunga ceplok, Sebagai identitas bangunan berlanggam jawatengahan.

"Patirtaan Kuna Candi Umbul "


"Patirtaan Kuna Candi Umbul "

   Ke dua gambar di atas merupakan fragmen Yoni. Merupakan sarana pemujaan hindu siwa. Pada gambar di tunjukan, bahwa keadaan yoni dalam keadaan rusak di bagian sisi sudut, Hampir separuh dari wujud yang aslinya telah berkurang.

Mungkin masih banyak keberadaan situs cagar budaya yang belum di ketahui atau belum terexpost. Di lokasi atau sekitaran area candi umbul. Atau tinggalan jejak jejak kekunoan yang berada di desa desa sekitar lokasi patirtaan " Candi Umbul ".

Tetap berusaha membagikan informasi, Walaupun hanya sedikit yang bisa saya ketahui.

_Hobiku_Dolan_Alas_









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU LUMPANG DAN UNFINIS YONI KENDALI SODO

SITUS CANDI DI MAKAM WALIULLOH KHASAN MUNADI

MAKAM WALIULLOH SYECH SUDJONO DAN KE DUA SAHABATNYA