STUPA DAWANGSARI




" Stupa Dawangsari "

" Stupa Dawangsari "

Tidak jauh dari komplek candi barong, Terdapat bangunan stupa,
Yang berada di 

Dusun Dawangsari
Desa Sambirejo
Kec. Prambanan
Kab. Sleman

Dengan komplek candi barong, 


hanya berjarak sekitar 100 Meter di sebelah utaranya. Sungguh eman eman loh, Kalau tidak menyempatkan mampir di Situs Cagar Budaya Stupa Dawang Sari. Gugusan bangunan, Yang rata rata menggunakan Struktur Vondasi dengam denah lingkaran. Jika di ukur diameter lingakran tersebut, Lumayan lebar .. !!! Kisaran / Kurang lebihnya, Ada sekitar 10 meteran. Hanya perkiraan loh yes.

" Stupa Dawangsari "

Jika di lihat dari bangunan tersebut, Kata stupa itu, menunjukan karakter  bangunan tempat pemujaan, atau tempat suci untuk pemujaan dan lebih kerennya bisa di bilang dengan sebutan " Candi ", adalah khas bangunan pemujaan untuk Keyakinan Buddha. Tapi anehnya, bangunan tersebut sangat dekat dan berdampingan dengan bangunan komplek Candi barong, Dengan identitas bangunan hindunya. Stupa dawangsari dan candi barong merupakan keyakinan yang berbeda, Antara hindu dan buddha.

" Stupa Dawangsari "

Saat mengunjungi situs tersebut, Banyak sekali batu material yang sudah membentuk komponen komponen balok, yang berserakan di seputaran komplek tersebut. Apakah mungkin bangunan komplek stupa ini belum di adakan pemugaran kembali, untuk membenahi dengan cara mencari dan membuatkan batu panel yg hilang dengan pasangannya. Jika di amati, Batuan komponen ini banyak tersebar di depan depan rumah warga, Bahkan ada juga yg di belakang rumah, Ada pula yg di jadikan tempat duduk duduk di depan rumah. Jika di bayangkan, dengan banyaknya balok balok material, Kira kira bangunanya sebesar candi apa yaa .. ???

" Stupa Dawangsari "

Untuk mengetahui lebih lanjutnya, Saya belum berani bercerita panjang lebar, karena apa .. !!! Mencari sebuah narasumbernya yg belum di ketemukan. Cadi saya hanya bisa menceritakan keadaan bangunan Stupa tersebut.

Heem .. !!! Sampai lupa, Stupa ini di bangun pada gundukan tanah yg membentuk bukit, Dengan cara di ratakan bagihan puncaknya. Sehingga membentuk seperti tanah lapang yg luas dan cocok untuk mendirikan sebuah atau komplek bangunam tersebut. Bangunan Stupa ini, Berdiri pada bidang tanah yang mengandung batuan kapur, Kenapa saya memastikan seperti itu .. ??? Karena, Bangunan Stupa ini, Berada tidak jauh dari bangunan Candi barong. Yang sama sama di bangun di atas tanah berbatuan kapur, Atau tanah kurang subur. Sama sama sebagai tempat pemujaan .. !!! Namun, Kedua bangunan itu, Memiliki fungsi dan tujuan yabg berbeda. Mungkin, Jika saya mengatakan candi barong untuk pemujaan Dewi sri, yang Merujuk pada pemujaan tentang pertanian dan permohonan supaya kesuburan tanah yang di kelola bisa di tanami bwrbagai bahan pangan dan bisa menghasilkan dengan maksimalnya. Mungkin juga sebaliknya, bangunan stupa ini, Di pergunakan khusu untuk ritual ke agamaan.

" Stupa Dawangsari "

Terlihat struktur bangunan stupa dalam tahap pembenahan atau perbaikan. Namun hanya terlihat dari sisi depan saja, Namun belum begitu sempurna secara keseluruhanya. 

" Stupa Dawangsari "

Stupa Dawangsari di lihat dari depan. Jika sudah sempurna, Mungkin akan terlihat sangat berbeda lagi, Pastinya akan terlihat semakin menawan. Yang pastinya akan terlihat ukiran ukiran kelopak bunga padmanya ( Bunga terai ). Bangunan Stupa tersebut, Jika diri saya pribadi yang menggambarkan, stupa tersebut berdiri di atas bunga padma. Dan bunga padma tersebut, berada di atas lapik yang sengaja di buat untuk menghiasi supaya memperindah bangunan tersebut. Dengan berbagai hiasan sabuk sabuk dan pelipit genta, Yang di kombinasikan pelipit bergaris siku menghiasi bagian bawah pelipit gentanya.

" Stupa Dawangsari "

Tidak terlihat seperti bangunan candi buddha pada umumnya. Jika bangunan Candi buddha memiliki hiasan hiasan seperti relied relief, Relief ukiran flora dan Fauna, Relief makhluk kahyangan, Relief kinara kinari, Relief dewi tara dan relief relief dewa dewa dalam buddha lainya. Perbedaan pada bangunanya. Di stupa dawangsari, Tidak ada satupu saya menjumpai sosok arca atau relief relief yang terukir di batuan lepas lainya. Hanya terlihat olehku, Batu balok yang polos tanpa hiasan hiasan lainya.

" Stupa Dawangsari "

Gambar di atas juga terlihat, sepetinya babguna stupa ini memiliki pelataran atau teras yang berbentuk undak undakan. Namun saya pribadi belum mengetahui ada berapa teras yang berbentuk undak undakan tersebut. Apakah sama dengan teras berundak yang berada di candi barong.  Karena jika di lihat dari struktur bangunan tersebut, Terlihat jelas bahwa sisa sisa reruntuhan bangunan membentuk dan mengarah ke bagian struktur bangunan yang hampir mendekati undak undakan. Mungkinkah jika saya yang membayangkan, Banguna stupa yang paling besar tersebut berada di tengah tengah teras paling atas, dengan di dampingi bebeapa stupa yang memiliki ukuran kecil di bawah ukuran stupa utamanya. 

" Stupa Dawangsari "

Struktur bangunan pagar buminyang mengekilingi komplek stupa. Gede banget kayaknya, Jika bangunan stupa ini di sempurnakan. 
Saya hanya Seneng explore saja, Untuk  cerita dan sedjarahnya, Saya belum faham betul. Hanya mencoba membabarkan dari apa saja yang saya pelajari dan mencoba menulis lewat ketikan tangan saja. Karena saya bukan ahlinya.

Hobiku_Dolan

Jika datang ke lokasi Situs Cagar Budaya, Yang harus di hindari :

1. Jaga kesopanan Saat berwisata
2. Hindari kontak keras dengan BCBnya
3. Buang Sampah Pada Tempatnya
4. Baca keterangan sejarahnya, Kalau masih belum faham. Ambil poto keterangan sedjarahnya lalu baca di rumah.
4. Jangan Cuma selfi selfi saja.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU LUMPANG DAN UNFINIS YONI KENDALI SODO

SITUS CANDI DI MAKAM WALIULLOH KHASAN MUNADI

MAKAM WALIULLOH SYECH SUDJONO DAN KE DUA SAHABATNYA