SITUS MAKAM PRAGOLAPATI BANYUBIRU



" SISA BANGUNAN KUNA DI MAKAM PRAGOLAPATI "


Setiap daerah memiliki tinggalan sedjarah dan benda cagar budaya atau warisan buah karya dari tangan tangan orang pada masa pemerintahan kerajaan kuna, yg berhasil membuahkan karya dari cerita rakyat tersendiri.
Bagai mana pun alur cerita itu, sepatutnya kita hargai dengan acungan jempol dan mungkin juga ucapan terimakasih kepada beliau beliau, yg pernah hidup di jaman jauh sebelum kita, karena mampu dan  banyak mengabadikan legenda cerita rakyat, yg dapat di cetuskan lewat lesan ke lesan, dari generasi ke generasi Berikutnya.
Perubahan alur cerita, kemungkinan beda dengan perjalanan yang sesungguhnya, Tapi memang itu kenyataan_Nya, dari buah cerita yg di ciptakan pada masa kejayaan kerajaan  kerajaan kuna, setelah beralih peradaban yang menganut KEPERCAYAAN baru. Sebuah perjalanan yang mengacu pada Situs hindu kuno, yg di kisahkan dan di kaitkan peranan, dengan perjalanan PARA WALI atau sesepuh yg pernah menciptakan nama sebuah tempat atau desa, salah satu tokoh babat alas desa contohnya, yg benar benar memiliki kepribadian sosok PEMIMPIN  yg di anut PETUAH petuahnya, sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai sesepuh pini sepuh yg benar benar mempunyai jasa atas perubahan daerah yg telah di bukanya.

Sakral dan Keramat lah yg sekarang ini masih menjadi momok sebagian besar lapisan masyarakat dan selalu di kaitkan dengan hal hal yg mistis.
Tapi, percaya boleh percaya, tidak boleh tidak. Banyak cerita yg terkuak dari warga setiap daerah, hampir mempunyai fersi cerita yang sama dengan daerah lainya














Komentar

  1. Kalau boleh tahu ini lokasinya di mana ya? Banyubiru ambarawa? Maturnuwun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU LUMPANG DAN UNFINIS YONI KENDALI SODO

SITUS CANDI DI MAKAM WALIULLOH KHASAN MUNADI

MAKAM WALIULLOH SYECH SUDJONO DAN KE DUA SAHABATNYA