KOMPLEK CANDI GEDONG SONGO DUA



" JELAJAH LERENG GUNUNG UNGARAN LOKASI CANDI GEDONG SONGO DUA "

Untuk menuju ke lokasi Candi Gedong Songo, bangunan yang ke dua.
Harus melalui jalanana yang di bilang cukup menanjak, akan tetapi tidak ada yang perlu di khawatirkan, karena setiap perjalanan akan di manjan dengan krelokan pemandangan Gunung Ungaran, dari lokasi candi gedong songo yang pertama,menuju candi yang kedua, menempuh jarak sekitar 150 meter dengan menempuh perjalanan sekitar 20 menit saja, kalau perjalanan biasa saja.

Candi Gedong Songo

Indahnya pemandangan alam, yang di kelola warga setempat, " Wono Lestari "  sebutanya, yang memiliki arti " Wono adalah Alas atau Hutan " dan " Lestari Adalah Keindahan " artinya Keindahan Hutan.
Untuk menambah daftar wisata sebagai pelengkap di area komplek candi gedong songo.

Arah Menuju Bangunan Candi Berikutnya


Sendang Di Candi Gedong Songo

Sendang ini berada tepat di bawah wana wisata Wono Lestari.
Sumber mata air yang keluar dari perut bumi, dengan debit air yg cukup deras, mampu menyuplai air untuk ladang dan pertanian yg berada jalur aliran air di bawahnya.


Candi Gedong Songo

Sendang ini memang sangat tua, bahkan, kemungkinan besar sumber tersebut sudah ada sebelum Candi Gedong Songo di bangun.
Untuk menambah Wisata Para pegawai setempat, membangun sendang tersebut pada tahun 2010, Sumber Informasi Dari Bapak Yono, Selaku pegawai yg memiliki tugas untuk menjaga, melindungi dan melestarikan Warisan Cagar Budaya Gedong Songo Tersebut.
Bentuk bangunannya sangat baru, kesannya hampir menyerupai bangunan sendang kuna, dengan ornamen jaladwara berbentuk ikan.


Candi Gedong Songo

Sendang " Kali Bening " Sebutan untuk sendang tersebut. 
Mata air yang keluar bawah pohon Pakis Gunung, menambah sendang tersebut kekihatan seperti beraura mistis.
Banyak orang yg datang ke sendang tersebut, untuk ritual ritual tertentu.

Di sisi sendang, tepatnya di sebelah kiri sendang, berjajar dengan bangunan Mushola, terdapat dinding tebing dengan mulut gua di bawahnya, walaupun tidak terlalu menjorok ke dalam.

Mulut Goa

Dalam Goa

Di mulut dan di dalam Goa, hanya terdapat batuan besar berpola Balok Saja.
Dan kini Status Goa tersebut, memiliki kesamaan, sama halnya dengan sendang Kali Bening, Untuk di jadikan ritual ritual tertentu.

Mengenal Candi Gedog Songo terletak di Desa Candi
Kec. Bamdungan
Kab. Semarang
Prov. Jawa tengah

Bangunan Candi Ini merupakan tinggalana dari Wangsa Sanjaya, Dari Kerajaan Mataram Kuna, yang tepatnya di lereng Gunung Ungaran, Bangunan Area ke dua di komplek Candi Gedong Songo ini, terletak pada ketinggian 1250 mdpl, dan Rata rata Menggunakan bahan material Batu Berjenis Cadas Putih.

Candi Gedong Songo Dua

Di lokasi Candi Dua yang menghadap ke selatan, terlihat gambar poto di atas merupakan, pengambilan gambar dari sisi pojok sebelah barat laut bangunan candi.
Terlihat dua relung candi yang melekat pada badan atau tembok Candi.

Candi Gedong Songo Dua

Gambar poto bangunan Candi, di ambil dari sudut sisi depan arah mata angin dari sebelah tenggara, terlihat dengan ambang pintu candi yang di apit dua buah relung kanan dan kirinya.
Dan badan Candi melekat sebuat rekung yang menghadap arah mata angin ke timur.
Adapun bagian bagian bangunan candi mulai dari Bawah terus sampai ke atas, dan dengan kemampuan fikir saya ( Sebagai orang yang sering blusukan atau dolan dolan ), berusaha belajar bersama dengan sedikit ilmu yang saya peroleh dari kegiatan ini, dan juga dari pedoman buku yang perbah saya pelajari.

Candi Gedong Songo Dua

jika di urutkan dari bawah ke atas, sebuah bangunan candi memiliki makna yang mungkin bisa di menegrti untuk di cerna dan di fahaminya.

Bagian kaki candi, dalam bahasa sansekerta di sebut dengan " Bhurloka " atau Dunia para manusia yang masih memiliki, hawa nafsu kepenguasaan, hawa nafsu Angkara, yang mengacu pada kehidupan serakah.

Candi Gedong Songo Dua

Bagian Kaki candi terdapat seperangkat anak tangga lrngkap dengan pipi pipinya, yang berada tepat di depan Ambang Pintu Bangunan Candi.
Dengan ukuran lebar sekitar 60 cm dan ukuran tinggi lantai dasar dengan permukaan selasar sekitar 80 cm.
( Cuma di Angan angan saja dan tidak sempat membawa meteran, Sekilas pembelajaran nyata orang yang seneng Dolan dolan saja, Dan bukan Ahlinya )

Sepinya ukiran atau relief pada pipi tangga tersebut, sangat berbeda jauh dengan pipi tangga yang terdapat pada bangunan candi pertaman, adanya ukitan kepala singa di ujung atas pada bagian pipi sebelah kanan, dan ukiran relief tumbuhan sulur sulur di punggung pipi tangga sebelah kiri.
Terlihat pada makara terukir ujung depan pipi tangga, hanya terlihat seperti ukiran flora atau tumbuhan sulur sulur saja, sangat sederhana.

Bangunan Candi Berdenah Bujur sangkar, lengkap dengan Selasar, yangbmengikuti denah kaki candi tersebut.
Selasar adalah, bangunan penampang lantai bagian atas setelah anak tangga, kemungkinan di fungsikan sebagai sarana pemujaan, atau untuk jalan mengelilingi bangunan candi sambil membawa bakaran kemenyan atau wangi wangian.

Candi Gedong Songo Dua

Bangunan Candi bagian Badan atau tembok luar, dalam Bahasa sansekerta di sebut dengan Bhuvarloka atau Manusia yang di sucikan.
Di setiap penambmpang Bagian luar Badan Candi, terdapat beberapa bilik atau ruangan, yang seharusnya bernaung beberapa arca, di setiao bilik tersebut.

Candi Gedong Songo Dua

Candi Gedong Songo Dua

Jika pandangan dari Depan bangunan Candi, terlihat Bagian Ambang pintu yang menuju ke ruangan candi Utama, berada di tengah tengah di apit antaranya dua bangunan relung di sebelah kanan dan di sebelah kiri.
Yang seharusnya kedua relung tersebut, bernaung Arca Mahakala dan Arca Nandiswara, dalam mitologi hindu kuno, berfungsi menjaga pintu bangunan Candi.

Candi Gedong Songo Dua

Bagian Badan Candi Lainya, yang paling utama adalah pintu Candi.
Ambang Pintu Candi terdapat beberapa relief yaitu ukiran relief atau ornamen berbentuk kepala Raksasa Yang di sebut dengan relief Kala.
Relief Kala terdapat pada bagian atas ambang pintu Candi.
Di bagian Sisi Kanan Dan sisi kiri amban pintu Candi, terdapat relief Naga, Sambungan dari kala jika di urutkan dari Atas.
Di bagian Ujung Naga, Di samping kanan Dan kiri terdapat rekief kepala yang di sebut Dengan Makara.

Dalam Bagian Badan candi lainya, Terdapat beberapa Relung yang menghadap ke arah penjuru mata angin.
Dan relung tersebut, seharusnya bernaung beberapa arca dewa dan dewi.

Candi Gedong Songo Dua

Relung Arca Sebelah Barat, Terdapat Arca Durga Mahisasuramardini

Candi Gedong Songo Dua

Relung Arca Sebelah Utara, seharusnya terdapat Arca Ganesha

Candi Gedong Songo Dua

Relung Arca Sebelah Timur, Seharuanya terdapat Arca Agastya.

Ketiga relung yang menghadap arah mata angin tersebut, setiap ambang relungnya, di hiasi dengan Kala, Naga, Makara.

Candi Gedong Songo Dua

Bagian Bangunan Candi yang paling atas adalah, Bagian dari atap Candi, yang di penuhi dengan Kemuncak kemuncak dan antefiks berbagai macam ukiran.
Bagian kemuncak di sebut juga dengan Svarloka.
Svarloka adalah bagian bangunan Paling atas sendiri.

Candi Gedong Songo Dua

Candi Gedong Songo Dua

Terdapat antefiks sebagai penghias atap bangunan Candi, lengkap dengan relief Dewa dan Dewi dalam posisi Duduk Bersila di atas Singgasananya Yaitu Padmasana.
Tempat duduk pertapa dengan ukiran Bunga teratai.

Candi Gedong Songo Dua

Di duga Sisa Material reruntuhan Bangunan Candi Pervara.

Candi Gedong Songo Dua

Terdapat Yoni kecil berukuran mini, di area reruntuhan material Bangunan Candi pervara, Berada di sebelah Timur bangunan Candi Induk


Candi Gedong Songo Dua

Reruntuhan bangunan Candi Pervara, yang berada di depan Bangunan Candi Induk.
Di banding dengan ukurannya, Candi Pervara lebih kecil di vanding dengan Bangunan Candi Induk.

Candi Gedong Songo Dua

Bangunan Candi Induk lokasi Candi ke dua, dan Reruntuhan Bangunan Candi pervara, di ambil gambar dari jalur yang menuju ke Area Candi ke tiga.

Banyak sekali pelajaran yang kita dapat ambil hikmahnya, supaya kita tahu dari mana asal kita, dan kita tahu siapakah leluhur kita.

" Tetap Terus Berkarya "
" Demi Kejayaan Nusantara "

Next 
Candi Tiga.






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU LUMPANG DAN UNFINIS YONI KENDALI SODO

SITUS CANDI DI MAKAM WALIULLOH KHASAN MUNADI

MAKAM WALIULLOH SYECH SUDJONO DAN KE DUA SAHABATNYA